:)

:)

Kamis, 16 Januari 2014

Jogjakarta ♥

Liburan tidak harus melulu pergi ke luar negeri. Di Indonesia juga banyak kok daerah-daerah yang menawarkan tempat-tempat liburan yang menarik bahkan menantang. Salah satunya kota Jogjakarta. Kali ini saya akan berbagi tips untuk kalian yang akan berlibur ke kota Gudeg ini.


Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum pergi ke Jogja?
  • Pertama kita harus tahu terlebih dahulu cuaca Jogja pada saat itu. Pengalaman saya pergi ke Jogja pada bulan Oktober lalu cuaca sangat bersahabat sekali. Tapi untuk berjaga-jaga bawa saja payung.
  • Jangan terlalu banyak membawa pakaian, bawa saja pakaian secukupnya agar tidak terlalu merepotkan. Waktu liburan saya ke Jogja pekan lalu, saya terlampau banyak membawa pakaian, yang pada akhirnya harus saya bawa menggunakan koper dan itu sangat merepotkan.
  • Cari info tentang penginapan yang murah. Di jogja banyak hotel/motel yang murah kok. Kalau mau lebih hemat lagi lakukan seperti saya, cari tahu barangkali ada saudara atau bahkan teman dekat yang tinggal di Jogja. Menginap saja di tempat mereka, alhasil uang untuk penginapan pun bisa dialihkan untuk yang lain.
  • Tentukan akan berapa lama kita di Jogja, hal ini penting untuk melihat dan menyiapkan kondisi uang selama di daerah orang. Jangan lupa, buat list perjalanan/tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi selama kita berada di Jogja.
  • Bawa uang secukupnya. Lebih enak kalau uang nya sudah berupa pecahan 10.000 atau 20.000, jadi tidak terlalu repot kalau ingin beli sesuatu. Oia, kalau mau lebih aman bawa ATM buat berjaga-jaga.
  • Oia, pastikan juga bagaimana kita akan mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut ya. Jalan kaki/transportasi umu/carter mobil. Kalau saya pilih carter mobil untuk perjalanan saya kemarin. Karena lebih nyaman dan ternyata setelah dikalkulasi dengan jumlah orangnya, lebih murah carter mobil. Saya carter Rp 400.000 ini sudah termaksud bensin tapi tidak termaksud supir.
  • Nah, hal yang paling penting adalah tentukan transportasi apa yang akan digunakan. Ada banyak alternative transportasi yang bisa digunakan menuju Jogja, mulai dari pesawat/bus/kereta/mobil pribadi. Saya dan teman-teman saya naik kereta api Progo jurusan St.Senen-Lempuyangan. Tips ketika kita akan berpergian menggunakan transportasi umum adalah cari PROMO. Artinya cari promo harga tiket, biasanya ditawarkan di tempat pembelian tiket/website (untuk pesawat terbang). Untuk kereta api Progo yang saya naiki, saya mendapat potongan harga PROMO. Berawal dari harga Rp 90.000, saya hanya harus membayar Rp 36.000 lumayan kan. Kalau mau naik kereta api pastikan dulu tanggal pulang-pergi, nama kereta api, nomor tempat duduk dan stasiun keberangkatan serta stasiun kedatangan kita benar sesuai dengan keinginan.
  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen. Liburan tanpa kamera bagai sayur tanpa garam, hehe.

Di Jogja kemana saja?
Tidak usah khawatir, Jogja menyimpan banyak keindahan. Gak kalah sama Singapura atau Thailand. Yakinlah bahwa Indonesia sejatinya lebih indah dan menyenangkan. Ada baiknya sebelum berangkat, kita tentukan dulu tempat-tempat wisata apa saja yang mau kita kunjungi, agar tidak terlalu repot bertanya sana sini dan agar tidak buang-buang waktu.
·         List perjalanan saya selama 3 hari 2 malam di Jogja:
-          Objek Wisata Pesanggrahan Taman Sari Yogyakarta
-          Taman Lampion
-          Goa Pindul
-          Pantai Indrayanti
-          Rumah Makan Raminten
-          Malioboro
-          Mirota Batik

Berapa minimal uang yang harus dibawa selama liburan ke Jogja?
·      Pada dasarnya tidak ada batasan uang yang kita bawa selama liburan. Karena uang yang kita bawa harus disesuaikan dengan lama kita liburan dan banyaknya tempat wisata yang kita kunjungi. Dan yang paling penting jangan terlalu lahap membeli oleh-oleh atau jajanan selama liburan kalau tidak mau menangis melihat banyaknya struk pembelian dan jumlah uang yang tersisa (ini pengalaman pribadi saya).

Berapa harga makanan dan minuman di Jogja?
·     Harga makanan dan minuman di Jogja relative murah tergantung kita mau makan/minum apa dan dimana tempat kita makan. Saya saja hanya menargetkan Rp 20.000-Rp 30.000 tiap sekali makan. Tapi jangan lupa untuk makan Gudeg Jogja ya, mumpung lagi di kota asalnya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow this blog with bloglovin

Follow sweet~dream